BANGUN!!! SHOLAT MALAM

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Rasulullah Sallallahu'alaihiwassalam selalu menjaga dan menjadikan rutin kebiasaan shalat malam. Seolah-olah beliau mengajak kita untuk juga menjaga shalat malam. Kalau kita sudah terbiasa sholat malam maka hidup akan menjadi lebih indah dan mudah.

Menjauhi Dosa dan Maksiat

(dari BUKU "111 CARA AGAR ANDA MUDAH BANGUN SHALAT MALAM" Karya :Abu... Al-Qa'qa Muhammad Ibn Shalih)

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
...
Dosa dan maksiat adalah racun dan penyakit membahayakan yang menyerang hati , merusaknya dan melemahkan perjalanannyamenuju Rabb. Juga dosa maksiat bisa menyebabkan hati condong kepada kemungkaran dan atau sikap-sikap permisif, jauh dari ketaatan kesolehan . Bila anda ingin termasuk orang - orang yang meraih kemuliaan bermunajat pada Allah pada malam gelap, maka jauhilah dosa dan maksiat.

Seseorang pernah bertanya kepada Ibrahim ibn Adham , "Aku tidak pernah mengerjakan shalat malam, tolong beritahu bagaimana cara mengatasinya?". Ibrahim menjawab,"Engkau jangan maksiat pada siang hari, niscaya Allah akan membangunkanmu pada waktu malam. Sesungguhnya jika Engkau bersimpuh di hadapanNya pada malam hari, maka ini termasuk perbuatan mulia. Dan pelaku maksiat tidak bisa meraih kemuliaan tersebut".

Sufyan Al-Tsauri berkata,"Diharamkan bagiku mengerjakan shalat malam selama lima bulan karena dosa yang aku lakukan"

Abu Sulaiman Al-Darani berkata:"Barangsiapa menyucikan dirinya, niscaya dia akan disucikan. Barangsiapa mengotori dirinya, niscaya dia akan dikotori. Barangsiapa berbuat baik waktu malamnya, niscaya dia akan diberi kecukupan pada waktu siangnya. Dan barangsiapa berbuat baik waktu siangnya, niscaya ia akan diberi kecukupan waktu malamnya".

Seseorang bertanya pada Hasan Al-Bashri,"Wahai Abu Sa'id, aku tidur dalam keadaan sehat, aku suka mengerjakan shalat malam, dan aku selalu berulang-ulang bersuci. Lalu mengapa amat susah mengerjakan shalat malam?" maka Hasan pun menjawab," Dosa-dosamu telah membuatmu terikat"

Al Fudhail Ibn Iyad berkata,"Apabila engkau tidak mampu mengerjakan shalat malam dan puasa siang hari, maka ketahuilah bahwa engkau diharamkan dari ibadah-ibadah tersebut karena dosa yang engkau perbuat"...(Kutipan dari kitab Hilyah Al-Auliya (8/91) karya Abu Nu'aim)

Ahmad ibn Al-Hawari mengatakan pada Abu Sulaiman Al-Darani,"aku tidak mengerjakan shalat malam, tidak melakukan shalat sunnah qobliyah subuh, dan tidak shalat subuh berjamaah"
Abu Sulaiman berkata,"Itu semua karena apa yang telah kau perbuat" Demi Allah, Allah tidak pernah dzalim kepada hambaNya"

Kesimpulan:
Ketika orang menjauh dari Allah --karena perbuatan dosa maksiat--mereka diharamkan dari indahnya bermunajat kepada Allah.
Kalau memuliakan perintah Allah dan menjauhi laranganNya, maka Allah akan memuliakan mereka. Akan menjaga dari keburukan dunia dan membangunkan mereka saat malam gelap.
Nanti Malam Tahajjud Yuk..!

0 komentar: